ANALISISI GAYA BAHASA PADA IKLAN KOSMETIK DI TRANS TV

Silau, Wati and Dr. Bambang, Sulistyo, M.Pd. and M. Rama, Sanjaya, M.Pd. (2022) ANALISISI GAYA BAHASA PADA IKLAN KOSMETIK DI TRANS TV. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskrifsikan analisis gaya bahasa pada iklan kosmetik . Iklan merupakan media penyaluran berita kepada khalayak umum. Iklan dapat bersifat persuasif artinya mengajak masyarakat untuk menggunakan produk yang dipasarkan melalui gaya bahasa yang disampaikan dalam iklan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa apa sajakah yang terdapat dalam iklan kosmetik di stasiun televisi Trans TV. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi konsumen, masyarakat, peneliti, dan peneliti lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah iklan kosmetik yang bersumber dari stasiun televisi Trans TV. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah metode catat dan simak. Dalam menganalisis data peneliti mengelompokan data berdasarkan teori yang ada, data dalam penelitian ini dianalisis dengan membaca data yang telah ditemukan dalam pengamatan terhadap iklan di televisi dan youtube, kemudian data dianalisis gaya bahasa dan mengklasifikasikan data kedalam macam-macam gaya bahasa berdasarkan teori yang sudah ada. selanjutnya mendeskripsikan makna yang terkandung dalam iklan dan mengklasifikasikan berdasarkan teori yang ada. Setelah itu peneliti melakukan pembahasan lebih dalam dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan kosmetik, 5 gaya bahasa repitisi, 7 gaya bahasa asonasi, 12 gaya bahasa hiperbola, 3 gaya bahasa antiklimaks, 1 gaya bahasa personifikasi, 13 gaya bahasa metafora di dalam iklan kosmetik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 31 Dec 2022 04:07
Last Modified: 31 Dec 2022 04:18
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item
View Item