PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENULIS TEKS NARASI PADA KELAS VII SMP SENTOSA BHAKTI

Mery, Suryani and Dr. Bambang, Sulistyo, M.Pd. and M. Rama, Sanjaya, M.Pd. (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENULIS TEKS NARASI PADA KELAS VII SMP SENTOSA BHAKTI. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran kepada siswa kelas VII SMP Sentosa Bhakti. Tujuan penelitian ini agar kemampuan siswa dalam menilis teks narasi bisa lebih baik karena menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Sentosa Bakti dalam menulis teks narasi sebelum menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing masih dapat dikategorikan kurang atau belum bisa menulis teks narasi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuntitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi Tes. Hasil ini mengungkapkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Sentosa
Bakti dalam menulis teks narasi sesudah menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat dikategorikan sudah baik atau siswa sudah bisa menulis teks narasi dengan baik. Berdasarkan analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest pada siswa kelas VII SMP Sentosa Bhakti dalam pembelajaran menulis teks narasi dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks narasi.

Kata Kunci:Penerapan Model Pembelajaran dalam menulis teks narasi, Metode Semu-Kuantitaf

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 07 Jan 2023 04:40
Last Modified: 07 Jan 2023 04:40
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item
View Item