ANALISIS GAYA BAHASA DALAM NOVEL SELENA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Rina, Alfika Sari and Samsul, Anam, S.S., M.A. and M. Rama, Sanjaya, M.Pd. (2021) ANALISIS GAYA BAHASA DALAM NOVEL SELENA KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER BENAR.pdf] Text
COVER BENAR.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)

Abstract

Rina Alfika Sari. 2021. “Analisis Gaya Bahasa dalam Novel Selena Karya Tere Liye dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA“ Skripsi. Progam Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Pembimbing I: Samsul Anam, S.S., M.A., Pembimbing II: M. Rama Sanjaya, M.Pd.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis gaya bahasa yang terdapat dalam novel Selena dan relevansi gaya bahasa terhadap pembelajaran di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Langkah langkahnya adalah mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, menginterprestasikan, dan membuat simpulan. Hasil penelitian menunjukan gaya bahasa perumpamaan (simile) sebanyak 7 buah, personifikasi sebanyak 10 buah, litotes 1 buah, hiperbola 2 buah, dan epizeukis 4 buah. Dari penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa gaya bahasa dalam novel Selena karya Tere Liye yang banyak ditemui yakni personifikasi. Sedangkan gaya bahasa yang tidak ditemukan dalam novel selena adalah gaya bahasa pertautan. Selanjutnya relevansinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, novel ini dapat dijadikan bahan tambahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas XII semester genap dalam menambah materi pembelajaran karena mengandung gaya bahasa yang bervariasi.

Kata-kata kunci: analisis, gaya bahasa, relevansi, pembelajaran bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 11 Oct 2021 03:09
Last Modified: 11 Oct 2021 03:09
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item
View Item