Rinaldi, Amorga and Rita Nila, Wijaya, S.S., M.Pd. and Samsul, Anam, S.S., M.A. (2021) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM ALBUM KUPU-KUPU KERTAS KARYA EBIET G. ADE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER.pdf
Download (255kB)
ABSTRAK.pdf
Download (229kB)
BAB I.pdf
Download (90kB)
BAB II.pdf
Download (139kB)
BAB III.pdf
Download (93kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (498kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (135kB)
Abstract
RINALDI AMORGA. 2021. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Album Kupu-Kupu Kertas Karya Ebiet G. Ade dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA”. Skripsi. FKIP Unbara. Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Baturaja. Pembimbing I: Rita Nila Wijaya, S.S., M.Pd dan Dosen pembimbing II Samsul Anam, S.S., M. A.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam album Kupu-Kupu Kertas karya Ebiet G. Ade. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap album lagu Kupu-Kupu Kertas karya Ebiet G. Ade dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut; (1) lagu Hidupku Milik-Mu karya Ebiet G. Ade, mengandung nilai pendidikan yang paling banyak (4 nilai pendidikan) yaitu nilai religius, nilai pendidikan ketangguhan, nilai pendidkan kepedulian dan nilai pendidikan kejujuran. (2) nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam album Kupu-Kupu Kertas karya Ebiet G. Ade adalah nilai pendidikan religius yaitu sebanyak 6 nilai-nilai pendidikan ketangguhan yaitu sebanyak 7 nilai, nilai pendidikan kepedulian yaitu sebanyak 12 nilai dan nilai pendidikan kejujuran yaitu sebanyak 4 nilai. Dan nilai-nilai pendidikan yang paling dominan dalam album Kupu-Kupu Kertas karya Ebiet G. Ade adalah nilai pendidikan nilai pendidikan kepedulian yaitu sebanyak 12 nilai. (3) Penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra di SMA kelas X sesuai dengan Kurikulum 2013 SMA kelas X pada Kompetensi dasar yang dirujuk adalah mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung maupun melalui rekaman.
Kata Kunci: analisis, nilai-nilai pendidikan, kupu-kupu kertas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 03:24 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 03:24 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/182 |