“Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Tunagrahita Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar (Studi Kasus Pada Sekolah SMP Luar Biasa Negeri Baturaja)”

Tiara, Engganis and Bianca, Virgiana, M.I.Kom and Dian, Novitasari, M.IKom. (2023) “Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Tunagrahita Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar (Studi Kasus Pada Sekolah SMP Luar Biasa Negeri Baturaja)”. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of abstrak .pdf] Text
abstrak .pdf

Download (13kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[thumbnail of dapus tiara.pdf] Text
dapus tiara.pdf

Download (305kB)

Abstract

Setiap manusia membutuhkan komunikasi dalam berinteraksi agar dapat menyampaikan maksud dan tujuannya kepada orang lain, pola komunikasi merupakan bentuk penyampaian suatu pesan oleh komunikator kepada komunikan. Penelitian ini dilakukan Sekolah Luar Biasa Negeri Baturaja, yang mana sekolah tersebut merupakan satu-satunya sekolah luar biasa di Baturaja dengan total 94 siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Tunagrahita Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Pada Sekolah Luar Biasa Negeri Baturaja. Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki keterbatasan intelektual oleh karena itu diperlukan sistem pembelajaran yang menarik agar materi dapat diterima oleh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Akomodasi Komunikasi yang mana penelitian ini mengacu pada konvergensi yaitu strategi inidividu menyesuaikan diri dengan perilaku komunikatif lawan bicaranya, divergensi yaitu strataegi menyatukan pebedaan verbal maupun non verbal lawan bicaranya, dan akomodasi berlebihan yaitu memodifikasi atau menganggapi orang lain yang dianggap memiliki keterbatasan. sehingga bisa di terima oleh siswa tunagrahita pada SLB Negeri Baturaja. Penelitian ini mengguakan jenis penelitian deskriptif kualitatif Hasil peneliti ini ditemukan bahwa kegiatan belajar mengajar di SLB Negeri Baturaja yang di lakukan oleh guru ke siswa Tunagrahita teknik dimana guru menyesuaikan gaya bicara dengan kondisi anak tunagrahita memerlukan bimbingan khusus seperti pengembangan diri agar siswa tunagrahita mampu berekspresi, menemukan jati diri mereka dan bias brsosialsasi.

Kata Kunci : Pola Komunikasi, Tunagrahita, Komunikasi Antarpribadi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 01 May 2024 13:58
Last Modified: 01 May 2024 13:58
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item
View Item