KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOTnPESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI BATUMARTA

Ni Kadek Gita, Dwi Pandini and M. Doni, Sanjaya, M.Pd. and Inawati, Inawati, M.Pd. (2024) KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOTnPESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI BATUMARTA. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER NIKADEK-1.pdf] Text
COVER NIKADEK-1.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of ABSTRAK NI KADEK.pdf] Text
ABSTRAK NI KADEK.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of BAB I NI KADEK.pdf] Text
BAB I NI KADEK.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II NI KADEK.pdf] Text
BAB II NI KADEK.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB III NI KADEK.pdf] Text
BAB III NI KADEK.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of BAB IV NI KADEK.pdf] Text
BAB IV NI KADEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[thumbnail of BAB V NI KADEK.pdf] Text
BAB V NI KADEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA NI KADEK.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA NI KADEK.pdf

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis teks anekdot peserta didik kelas X SMK Negeri Batumarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks anekdot peserta didik Kelas X SMK Negeri Batumarta termasuk kategori mampu. Peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anekdot dengan kategori mampu atau mencapai KKM sebanyak 20 peserta didik yaitu mampu menentukan 3 pokok isi teks anekdot yaitu topik masalah, unsur humor, dan kritik. peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anekdot dengan kategori belum mencapai KKM sebanyak 7 peserta didik yaitu belum mampu menentukan 5 struktur teks anekdot, konjungsi , kalimat aksi, kalimat masa lalu dan kebahasaan. Berdasarkan hasil analisis tersebut diketahui nilai rata-rata peserta didik dalam menulis teks anekdot adalah 71 dengan kategori mampu. Berdasarkan analisis data angket diketahui dari presentasi jawaban peserta didik, yaitu 17 orang (62,96%) menjawab a (guru mengajarkan materi pada setiap awal pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun faktor-faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam menulis teks anekdot adalah sebagai berikut(a)
Kesulitan dalam menentukan tema yang menarik. (b) Kesulitan mengawali, mengembangkan ide dan gagasan ke dalam sebuah teks. (c) Kesulitan mencari inspirasi karena peserta didik sering merasa malu untuk bertanya kepada guru saat pembelajaran, dan (f) Peserta didik kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan guru menggunakan metode ceramah.

Kata- Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Teks Anekdot, Peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 22 May 2025 07:01
Last Modified: 22 May 2025 07:01
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item
View Item