ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN DI KEMKOMINFOTV “VAKSINASI MELATIH TUBUH KENAL, LAWAN, DAN KEBAL”

Shela Dwi, Lestary Pohan and HENDRA, ALFANI and DARWADI, SUWARNO.M.I.Kom (2022) ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE PADA IKLAN DI KEMKOMINFOTV “VAKSINASI MELATIH TUBUH KENAL, LAWAN, DAN KEBAL”. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK SHELA DWI LESTARY POHAN NPM 1851061, ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDER PEIRCE PADA IKLAN DI KEMKOMINFOTV “VAKSINASI MELATIH TUBUH KENAL, LAWAN, DAN KEBAL” Skripsi S1 Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Baturaja Januari 2022 Dibawah bimbingan Dr. Hendra Alfani, M.I.Kom sebagai pembimbing I & Darmadi Ms, M.I.Kom sebagai pembimbing II. Iklan berjudul “Vaksinasi Melatih Tubuh Kenal, Lawan, dan Kebal oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam akun YouTube Kemkominfo TV di kemas dengan gendre komedi dengan pemeran utama Cak Lontong kemunculan iklan yang bertujuan mengajak memberikan informasi, edukasi serta pemahaman masyarakat masyarakat untuk vaksinasi ini dikemas dengan singkat dan dengan penyajian komedi sehingga mampu menarik perhatian masyarakat. Penyajian berbeda untuk menunjukkan cara kerja vaksinasi serta ajakan untuk masyarakat harus vaksinasi. Menarik sebagai objek penelitian dikarenakan dalam melihat iklan, masyarakat cenderung melihat isi pesannya saja dan orang sering kali tidakmenyadaribahwa media yang menyampaikan informasi dapat mempengaruhi masyarakat, baik dalam pola pikir, pengetahuan gambaran realitas sosial yang terjadi, untuk itu penulis mengangkat judul “Analisis Semiotika Charles Sander Peirce Pada Iklan “Vaksinasi Melatih TubuhKenal, Lawan, dan Kebal” di KemkominfoTV” Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori Semiotika Charles Sander Peirce sesuatu yang bagi seseorang mewakili sesuatu yang lain dalam beberapa hal atau kapasitas. Menurut Pierce semiotik terdiri dari tiga elemen yakni tanda (sign), acuan tanda (object), dan penggunaan tanda (Interpretant) atau disebut teori segitiga makna atau triangle meaning. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Dari sepuluh scene yang di analisis dengan durasi 1 menit cukup menarik dengan sentuhan komedi namun tetap bermakna sesuai dengan informasi yang akan di sampaikan. Di kemas dengan menarik di setiap scene namun tetap menampilkan informasi yang cukup lengkap menggunakan background dan property serta pakaian dan kesesuaian peran oleh Cak Lontong sebagai Bos dan Satpam juga serta tamu asing dengan gelagat penjahat kesesuaian intonasi suara yang juga menarik sesuai dengan ilustrasi yang akan di sampaikan. Ekspresi serta gerakan tubuh yang juga memenuhi iklan Iklan komedi Vaksinasi Melatih Tubuh Kenal, Lawan, Dan Kebal menjadi menarik sehingga dapat memperjelas pada masyarakat dan mengubah pola pikir masyarakat mengenai vaksinasi.

Kata kunci : Semiotika,Iklan, Vaksinasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi
UBR > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meria Unbara
Date Deposited: 11 Mar 2022 02:41
Last Modified: 11 Mar 2022 02:41
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item
View Item