ANALISA PENGARUH MEDIAN JALAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI KOTA BATURAJA (STUDI KASUS JALAN HOS.COKROAMINOTO

Hesti, Wulan Sari and Enda Kartika, Sari, M.Si. and Oki Endrata, Wijaya, M.T. (2022) ANALISA PENGARUH MEDIAN JALAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI KOTA BATURAJA (STUDI KASUS JALAN HOS.COKROAMINOTO. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB)

Abstract

Jalan HOS.Cokroaminoto merupakan ruas jalan yang cukup ramai dimana jalan tersebut menghubungkan beberapa Fasilitas Publik dan juga Bangunan Pemerintahan seperti Rumah Kabupaten, Gedung SKB, Sarana Olahraga, Bangunan Sekolah dan lain-lain di Kota Baturaja. Menyebabkan lalu lintas mengalami perkembangan sesuai dengan jalan tersebut, salah satu permasalahan yang diteliti yaitu menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah adanya median pada ruas jalan tersebut.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus di jalan Hos.Cokroaminoto (samping Ramayana – Gedung Lapangan Tenis Baturaja) Kabupaten Ogan Komering Ulu. Metode yang dipakai yaitu menggunakan metode MKJI / Manual Kapasitas Jalan Indonesia.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Jalan HOS.Cokroaminoto memiliki kapasitas maksimum kendaraan sebesar 3034,125 smp/jam. Pada tahun 2017 data LHR sebesar 880,5 smp/jam pada jam puncak, dan pada tahun 2021 sebesar 1171,2 smp/jam. Ini berarti tidak terjadi pemadatan yang signifikan sehingga dapat melampaui jumlah kapasitas maksimum dari jalan tersebut. Kinerja jalan pada ruas jalan HOS.Cokroaminoto pada tahun 2017 didapat nilai DS=0,29 dan pada tahun 2021 dengan nilai DS=0,39, sehingga dapat disimpulkan bahwasanya tingkat pelayanan jalan tersebut dapat dikategorikan kedalam kelas B baik sebelum maupun sesudah dibangunnya median jalan, yang berarti pembangunan median jalan ini tidak terlalu berpengaruh pada arus lalu lintas. Tingkat pelayanan tersebut menjelaskan bahwa kondisi arus lalu lintas pada jalan ini cenderung stabil baik sebelum maupun sesudah dibangunnya median jalan.

Kata Kunci: Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Kinerja Jalan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FTK > Teknik Sipil
UBR > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 21 May 2022 04:58
Last Modified: 21 May 2022 04:58
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item
View Item