Reka, Malinda and M. Rama, Sanjaya, M.Pd. and Aryanti, Agustina, M.Pd. (2022) ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN MINUMAN DI TRANS TV EDISI TAHUN 2021. Other thesis, Universitas Baturaja.
COVER.pdf
Download (411kB)
ABSTRAK.pdf
Download (151kB)
BAB I.pdf
Download (91kB)
BAB II.pdf
Download (241kB)
BAB III.pdf
Download (90kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (85kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (86kB)
Abstract
Iklan merupakan media penyaluran berita kepada khalayak umum. Iklan dapat bersifat persuasif artinya mengajak masyarakat untuk menggunakan produk yang dipasarkan melalui gaya bahasa yang disampaikan dalam iklan tersebut, Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa apa sajakah yang terdapat dalam iklan minuman di stasiun televisi Trans TV Edisi Tahun 2021. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi konsumen, masyarakat, peneliti, dan peneliti lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah iklan minuman teh dan kopi edisi tahun 2021 yang bersumber dari stasiun televisi Trans TV. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah metode catat dan simak. Dalam menganalisis data peneliti mengelompokan data berdasarkan teori yang ada, Data dalam penelitian ini dianalisis dengan membaca data yang telah ditemukan dalam pengamatan terhadap iklan di televisi dan youtube, Kemudian data dianalisis gaya bahasa dan mengklasifikasikan data kedalam macam-macam gaya bahasa berdasarkan teori yang sudah ada. selanjutnya mendeskripsikan makna yang terkandung dalam iklan dan mengklasifikasikan berdasarkan teori yang ada. Setelah itu peneliti melakukan pembahasan lebih dalam dan menarik
kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan minuman teh dan kopi berupa 44 gaya bahasa, yakni 2 gaya bahasa metafora, 14 gaya bahasa
hiperbola, 3 gaya bahasa personifikasi, 2 gaya bahasa aliterasi, 4 gaya bahasa asonansi, 8 gaya bahasa repetisi, 5 gaya bahasa pertanyaan retoris, 2 gaya bahasa sinekdoke, 2 gaya bahasa elipsis, 2 makna denotatif (tidak mengandung gaya bahasa).
Kata Kunci: Gaya Bahasa, Iklan, Trans TV.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 26 Nov 2022 04:54 |
Last Modified: | 26 Nov 2022 04:54 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/959 |