ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN MINUMAN DI TRANS TV EDISI TAHUN 2021

Reka, Malinda and M. Rama, Sanjaya, M.Pd. and Aryanti, Agustina, M.Pd. (2022) ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN MINUMAN DI TRANS TV EDISI TAHUN 2021. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Iklan merupakan media penyaluran berita kepada khalayak umum. Iklan dapat bersifat persuasif artinya mengajak masyarakat untuk menggunakan produk yang dipasarkan melalui gaya bahasa yang disampaikan dalam iklan tersebut, Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa apa sajakah yang terdapat dalam iklan minuman di stasiun televisi Trans TV Edisi Tahun 2021. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi konsumen, masyarakat, peneliti, dan peneliti lain. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah iklan minuman teh dan kopi edisi tahun 2021 yang bersumber dari stasiun televisi Trans TV. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah metode catat dan simak. Dalam menganalisis data peneliti mengelompokan data berdasarkan teori yang ada, Data dalam penelitian ini dianalisis dengan membaca data yang telah ditemukan dalam pengamatan terhadap iklan di televisi dan youtube, Kemudian data dianalisis gaya bahasa dan mengklasifikasikan data kedalam macam-macam gaya bahasa berdasarkan teori yang sudah ada. selanjutnya mendeskripsikan makna yang terkandung dalam iklan dan mengklasifikasikan berdasarkan teori yang ada. Setelah itu peneliti melakukan pembahasan lebih dalam dan menarik
kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa yang terdapat pada slogan iklan minuman teh dan kopi berupa 44 gaya bahasa, yakni 2 gaya bahasa metafora, 14 gaya bahasa
hiperbola, 3 gaya bahasa personifikasi, 2 gaya bahasa aliterasi, 4 gaya bahasa asonansi, 8 gaya bahasa repetisi, 5 gaya bahasa pertanyaan retoris, 2 gaya bahasa sinekdoke, 2 gaya bahasa elipsis, 2 makna denotatif (tidak mengandung gaya bahasa).

Kata Kunci: Gaya Bahasa, Iklan, Trans TV.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FKIP > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
UBR > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 26 Nov 2022 04:54
Last Modified: 26 Nov 2022 04:54
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item
View Item