Cemi Putri, Mutiara and Septianita, Septianita, S.P. , M.Si. and Merita, Auli, M.IKom. (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PERPUSTAKAAN DAERAHKABUPATEN OGAN KOMERING ULU DALAM MENINGKATKANMINATPEGUNJUNG. Other thesis, Universitas Baturaja.
HALAMAN COVER CEMIPUTRIM(1).pdf
Download (10MB)
ABSTRACT CEMIPUTRIM.pdf
Download (321kB)
BAB I CEMIPUTRIM.pdf
Download (152kB)
BAB II CEMIPUTRIM.pdf
Download (552kB)
BAB III(1).pdf
Download (323kB)
BAB IV CEMIPUTRIMUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V CEMIPUTRIM.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (61kB)
DAFTAR PUSTAKA CEMIPUTRIM.pdf
Download (62kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi perpustakaan daerah kabupaten Ogan Komering Ulu DalamMeningkatkan Minat Pengunjung. Tipe penelitian yang digunakan adalahkualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam kepada informan dengan teknik Purposive Sampling. Pendekatan yang digunakan dalam strategi komunikasi perpustakaan daerahkabupaten Ogan Komering Ulu dalam meningkatkan minat pengunjung adalahteori perencanaan di mana teori yang dikemukakan oleh Charles Berger memiliki empat konsep yaitu perencanaan pesan, penyusunan pesan, penyebaranpesan,hasil atau tujuan dari pesan yang disampaikan. Hasil dari penelitianini strategi komunikasi yang dilakukan perpustakaan daerah kabupaten OganKomering Ulu dalam meningkatkan minat pengunjung dengan melakukanprogram berupa peningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana, pelayananperpustakaan keliling mengadakan lomba lomba. Dalam melaksanakan strategi komunikasi sejalan dengan teori perencanaan yang berupa melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum, penyusunan pesan disusun dengan sebaik mungkinagar pesan yang disampaikan dapat mudah dipahami yang bertujuan untukmenarik minat pengunjung, penyebaran pesan dapat disebarkan melalui mediasosial facebook dengan mengupdate mengenai kegiatan yang dilaksanakanperpustakaan daerah dan media cetak seperti brosur, spanduk, baleho, liflet, perpustakaan keliling dan bersosialisasi langsung. Programdan kegiatantersebut dilaksanakan yang bertujuan untuk meningkatkan minat pengunjungmeskipun hasil dan tujuan dari pesan yang disampaikan belumberjalan denganmaksimal dikarena ada beberapa faktor yang menjadi penghambat. Perpustakaan daerah harus melakukan evaluasi kembali dalam menyampaikanprogram dan kegiatan agar dapat meningkatkan minat pengunjung.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Perpustakaan Daerah, Minat Pengunjung
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Universitas Baturaja > Jurnal > FISIP > Ilmu Komunikasi UBR > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Yudith Unbara |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 06:47 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 06:47 |
URI: | http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/1396 |