ANALISA PENYEBAB KERUSAKAN JALAN BETON DI JALAN LETKOL H. MAHMUD ABU HASAN DI BATURAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Septi, Mulia and Ir. Lindawati, Lindawati, M.T. and Oki Endrata, Wijaya, M.T. (2022) ANALISA PENYEBAB KERUSAKAN JALAN BETON DI JALAN LETKOL H. MAHMUD ABU HASAN DI BATURAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Other thesis, Universitas Baturaja.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jalan adalah prasarana penting dalam meningkatkan perekonomian daerah, baik di perkotaan maupun pedesaan. Oleh sebab itu, kondisi jalan yang baik sangat diperlukan untuk mempermudah masyarakat dalam menjalani kehidupan sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya yang mereka miliki. Jika kondisi jalan rusak akan memberikan dampak buruk bagi pengguna jalan dan beresiko pada pertumbuhan perkeonomian. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian unruk mengetahui penyebab utama kerusakan yang terjadi pada ruas jalan beton di Jalan Letkol H. Mahmud Abu Hasan di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Dalam melakukan penelitian ini, mahasiswa menggunakan metode penelitian: Data Primer : observasi langsung, dokumentasi, LHR, data kerusakan, uji CBR dan Data Sekunder : kelas jalan, studi kepustakaan, penelitian terdahulu, fungsi jalan. Penelitian ini dilakukan selama ±2 bulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan jalan mengalami kerusakan jenis amblas dengan persentase kerusakan STA 0+200 = 0,00097%, STA 350+400 = 0,00046%, STA 870+1000 = 0,0025%. Penyebab kerusakan secara umum adalah dikarnakan kelebihan beban/tonase dari kendaraan yang lalu lintas padat dan melebihi dari kapasitas jalan yang telah ditentukan, tidak adanya saluran drainase dan daya dukung tanah dasar yang kecil dengan nilai CBR tertinggi dari keempat sampel yaitu 2,8% menurut SNI 1744:2012 berdasarkan klarifikasi nilai CBR sangat buruk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Universitas Baturaja > Jurnal > FTK > Teknik Sipil
UBR > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Yudith Unbara
Date Deposited: 31 Dec 2022 03:55
Last Modified: 31 Dec 2022 03:55
URI: http://repository.unbara.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item
View Item